Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Daftar SBM Bidikmisi Untuk Beasiswa Pendidikan

Cara Daftar SBM Bidikmisi - Jika Anda memiliki sahabat, keluarga atau tetangga yang sekiranya ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi di universitas atau sederajat namun memiliki keterbatasan ekonomi, maka program Bidikmisi bisa jadi alternatif. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang ditujukan pada mereka yang memiliki ketidakmampuan ekonomi. Cara daftar SBM Bidikmisi tidaklah sulit. Calon peserta hanya harus memenuhi syarat dan mengikuti setiap tahapan pendaftaran agar bisa diterima dan melanjutkan kuliah. 

login bidikmisi,daftar bidikmisi,cara mendapatkan beasiswa bidik misi,pengumuman bidikmisi,login bidikmisi,syarat bidik misi,bidikmisi.dikti.go.id,
Cara Daftar Paket Unlimited Telkomsel
Tahapan pendaftaran Bidikmisi untuk SBMPTN adalah dengan membuka website http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id atau http://bidikmisi.dikti.go.id. Jika sudah masuk ke halaman muka, pilihlah menu siswa. Loginlah menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang bisa Anda dapatkan dari sekolah Anda. Jika sudah, silakan pilih menu seleksi. Klik pada menu Ikuti Seleksi. Tunggulah beberapa saat Anda akan mendapatkan KAP dan PIN. KAP dan PIN tersebut akan Anda gunakan untuk mendaftar SBM di http://sbmptn.or.id. 

Sebelum Anda melakukan cara daftar SBM Bidikmisi diatas, pastikan dahulu bahwa Anda memenuhi kriteria atau persyaratan sebagai peserta Bidikmisi. Persyaratan untuk mendaftar untuk tahun 2016 diantaranya adalah Anda merupakan siswa SMA/SMAK/MA sederajat lulus tahun 2016 dengan usia paling tinggi 21 tahun. Kemudian syarat lain yang penting adalah Anda harus tidak mampu secara ekonomi. Ini dibuktikan dengan kepemilikan KIP atau BSM. Selain itu penghasilan kedua orang tua maksimal 3.000.000/bulan. Atau 750.000 per jumlah tanggungan keluarga.

Persyaratan calon peserta Bidikmisi lainnya adalah pendidikan kedua orang tua maksimal adalah S1 atau D IV. Selain itu, calon peserta juga memiliki potensi akademik berdasarkan rekomendasi Kepala Sekolah yang objektif. Jika Anda merasa memiliki syarat-syarat diatas, atau melihat ada seseorang yang Anda kenal memiliki syarat diatas dan memiliki kemauan yang tinggi untuk melanjutkan kuliah, silakan menginformasikan peluang program Bidikmisi ini. Tentunya, proses pendaftaran Bidikmisi juga tidak dipungut biaya. 

Berikutnya, prosedur pendaftaran Bidikmisi adalah pertama Anda harus mempelajari prosedur dan hal-hal lainnya terkait program ini di website http://bidikmisi.dikti.go.id. Jika Anda sudah paham, silakan melakukan pendaftaran di situs tersebut. Apabila Anda memenuhi syarat Anda akan mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN untuk mendaftar di SBMPTN tanpa dipungut biaya ujian masuk. Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan secara online melalui website SBMPTN, yaitu http://pendaftaran.sbmptn.or.id. 

Anda yang pada pengumuman SNMPTN tidak lolos seleksi dapat mendaftar Bidikmisi melalui SBMPTN tanpa harus membayar biaya ujian. Tetapi jika Anda lolos SNMPTN dan berkeinginan untuk mengikuti SBMPTN maka biaya pendaftaran harus Anda tanggung sendiri. Jadi, tunggu apalagi. Silakan ikuti program dan cara daftar SBM Bidikmisi untuk mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan tinggi. Dengan demikian, Anda percaya bahwa kemauan yang kuat akan memberi jalan walaupun kita memiliki keterbatasan ekonomi.