Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Daftar Haji Reguler 2017 Melalui BPS-BPIH

Cara Daftar Haji Reguler - Masih membicarakan ibadah haji yang tersohor karena ritualnya yang penuh lika-liku. Tahun 2017 juga menjadi tahun yang tidak lepas dari gelombang pendaftaran haji. Sekedar informasi, waiting list haji untuk tahun ini saja sudah mencapai 20 tahun. Artinya jika Anda mendaftarkan diri pada tahun 2017, maka Anda akan berangkat pada tahun 2036. Departemen agama selaku penyelenggara ibadah haji nasional bertanggung jawab mendata calon jemaah haji. Cara daftar haji reguler 2017 dapat dilakukan melalui departemen agama atau bank swasta yang bekerja dengan Depag.

cara daftar haji di bank mandiri syariah,biaya daftar haji,biaya haji reguler,pendaftaran haji,biaya haji,biaya daftar haji,berapa lama menunggu berangkat haji,
Cara Daftar Haji di Bank Mandiri Syariah
Langkah Daftar Haji Reguler 2017
Mengingat kuota haji yang terbatas, sedangkan waiting listnya lama, kita harus mempersiapkan diri. Anda bisa mulai dengan menabung. Cara daftar haji reguler tahun 2017 dapat dilakukan selama hari kerja di kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota domisili sesuai KTP. Pendaftar wajib datang sendiri karena harus melakukan foto dan pengambilan sidik jari. Syarat untuk mendaftar jemaah haji cukup banyak. Selain beragama Islam, usia minimal jemaah adalah 12 tahun dan wajib memiliki KTP sesuai domisili.

Selain itu, calon jamaah harus membawa KK, membawa akte kelahiran, dan menunjukkan bukti setoran tabungan pada BPS-BPIH/Bank Penerima Setoran-Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji. Adapun salah satu cara daftar haji reguler 2017 adalah memiliki tabungan di BPS-BPIH. Anda bisa menanyakan info ke bank yang berhaluan syariah seperti Mandiri Syariah, Muamalat, BRI Syariah, dan sebagainya. Anda tinggal mendatangi customer service dan menyampaikan ingin membuka tabungan haji tahun 2017. Untuk bisa mendapatkan kursi booking, jumlah minimal setoran adalah Rp 25 juta. 

Anda bisa langsung menyetorkan sebanyak Rp 25 juta atau dengan cara diangsur. Jika Anda langsung setor Rp 25 juta, maka Anda langsung dapat seat. Jika mengangsur, Anda baru dapat seat setelah genap Rp 25 juta. Setelah Anda memiliki rekening di BPS-BPIH, dan Anda sudah menggenapi setoran sebanyak Rp 25 juta, Anda akan mendapat surat pengantar ke Depag Kabupaten/Kota, bukan kantor Depag provinsi. Cara daftar haji 2017 selanjutnya adalah Anda tinggal mendatangi kantor Depag tersebut dan mencari bagian haji/umrah. Di dalam ruangan tersebut, Anda akan mengurus dengan mengisi formulir. 

Terakhir Anda akan diminta foto dan diambil sidik jarinya. Anda juga akan diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait kondisi fisik Anda seperti keterangan ras, warna kulit, warna rambut, bentuk wajah, bentuk hidung, warna mata, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mencari informasi, Anda bisa mendatangi kantor Depag kota/kabupaten di tempat tinggal Anda dan menanyakan segala sesuatunya. Atau bisa juga dengan mengakses website kementrian agama R di “kemenag.go.id”. Bagi Anda yang masih muda, ada baiknya segera mendaftar jauh-jauh hari, ini berkaitan dengan waktu tunggu yang sampai 20 tahun lamanya. Nah, itulah informasi mengenai cara daftar haji reguler 2017, semoga bermanfaat.