Sabtu, 01 Januari 2022

Tarif dan Cara Pasang Listrik Baru 2022

Cara Pasang Listrik Baru - Tidak dipungkiri bahwa listrik saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Hal ini dikarenakan listrik sudah menjadi bagian penting dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Nah, bagi Anda yang belum memiliki listrik atau baru membangun rumah harus segera memasang listrik. Cara pasang listrik baru 2022 bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, proses pemasangan listrik baru juga tidak terlalu lama. Hanya dalam hitungan minggu saja, rumah baru Anda sudah bisa menikmati layanan listrik dari PLN.

biaya pasang listrik baru 900 watt,biaya pasang listrik baru 1300 watt,biaya pasang listrik baru,biaya pemasangan listrik baru,listrik baru 900 watt,listrik token,biaya pemasangan listrik baru,
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Wikipedia
Untuk pelanggan baru PLN akan mendapatkan meteran token yang pembayarannya melalui pulsa. Dengan menggunakan sistem baru ini, Anda harus membeli pulsa listrik terlebih dahulu sebelum menggunakan energi listrik. Biaya pasang baru PLN gratis jika Anda ingin mengganti meteran listrik lama dengan meteran listrik baru dengan cara pembayaran menggunakan pulsa listrik. Untuk pemasangan awal, maka tetap dikenakan biaya tambahan.

Cara pasang listrik baru 2022 ini sangat mudah dan praktis. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

1. Melengkapi berkas dan mendaftarkan diri ke kantor PLN ataupun secara online
Untuk Anda yang ingin memasang listrik baru, maka Anda harus datang langsung ke kantor PLN dan melengkapi berkas yang diperlukan. Selain datang langsung, Anda juga bisa mendaftar melalui online.

2. Pengecekan lapangan oleh petugas PLN
Setelah Anda mendaftar, maka selang beberapa hari petugas PLN akan melakukan survei lapangan atau pengecekan lapangan dimana tepatnya lokasi yang akan dipasang listrik. Jika rumah Anda dekat dengan tiang listrik, maka pemasangan bisa dilakukan dengan cepat. Namun jika belum ada jaringan listrik, maka PLN perlu untuk menambahkan jaringan listrik yang baru.

3. Penandatanganan akta jual beli listrik dan pengurusan administrasi
Selanjutnya jika petugas PLN sudah melakukan pengecekan dan area rumah Anda sudah bisa terpasang jaringan PLN, maka Anda harus menandatangani akta jual beli listrik diatas materai 6000. Selain penandatanganan jual beli listrik dengan PLN, Anda juga harus menyelesaikan administrasi berupa pembayaran biaya pemasangan listrik.

4. Pemasangan Listrik
Jika semua proses pembayaran dan penanda tangan akta jual beli listrik selesai, maka PLN akan memasang listrik di rumah Anda dan Anda sudah bisa menikmati listrik.

Tarif Pemasangan Listrik Baru 2022
Cara pasang listrik baru 2022 ini memang cukup mudah dan praktis. Namun untuk pemasangan listrik baru dibutuhkan biaya untuk pemasangannya. Biaya atau tarif pemasangan listrik baru tergantung dari jumlah daya yang akan digunakan. Untuk pemasangan listrik baru paling kecil menggunakan 450 watt dan 900 watt. Namun jumlah daya 450 dan 900 watt ini hanya diperuntukkan masyarakat kurang mampu saja. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Walaupun hanya diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu, tapi dalam cara pasang listrik baru 2016 ini tetap dikenakan biaya administrasi. Adapun biaya administrasi pemasangan listrik dengan daya 450 watt adalah 430 ribu rupiah, sedangkan biaya pasang listrik baru 900 watt adalah 850 ribu rupiah. Untuk listrik baru dengan daya 1300 watt biaya pemasangannya 1,2 juta rupiah dan untuk 2200 watt adalah 2,1 juta rupiah.