Sabtu, 01 Januari 2022

Panduan Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Wikipedia dan Sumber Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka - Salah satu sumber yang sering digunakan dalam penulisan saat ini adalah internet dan Wikipedia. Dalam aturan penulisan ilmiah semua sumber harus dicantumkan dalam daftar pustaka termasuk jika sumber tersebut berasal dari Wikipedia ataupun sumber internet lainnya. Nah, khusus dalam pembahasan kali ini akan diberikan penjelasan bagaimana cara menulis daftar pustaka dari Wikipedia dan sumber internet lainnya. Diharapkan dengan informasi ini Anda menuliskan daftar pustaka dengan baik dan benar.

penulisan daftar pustaka dari internet yang benar,cara membuat daftar pustaka dari wikipedia,menulis daftar pustaka dari buku,dari blog,contoh diambil dari internet,kutipan,download,web pemerintah,
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Undang-Undang
Cara menulis daftar pustaka dari Wikipedia dan sumber internet lainnya dibagi berdasarkan jenis tulisan yang dijadikan sumber. Untuk lebih jelas dan detailnya, berikut ini cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber internet:

1. Daftar pustaka dari artikel dari blog tertentu
Untuk Anda yang mengambil sumber dari blog tertentu maka penulisan daftar pustakanya yaitu: nama penulis blog. Tahun pembuatan tulisan. Judul, (online), (alamat URL dan jam serta tanggal akses). Dengan judul dicetak miring, contoh daftar pustaka yang diambil dari internet yaitu: misalnya nama penulis blog Rio Ramadan dengan judul tulisan Pengaruh Politik Terhadap Keamanan Negara, tulisan ini dibuat pada tahun 2012 dengan alamat URL http://www.rioramadan.com. Sedangkan tanggal aksesnya 10 Maret 2013. Maka cara menuliskan daftar pustakanya yaitu:

Ramadan, Rio. 2012. Pengaruh Politik Terhadap Keamanan Negara, (Online), (http://www.rioramadan.com, diakses 10 Maret 2013).

2. Daftar pustaka dari jurnal dan artikel yang diterbitkan secara online
Jika Anda menggunakan sumber jurnal dan artikel yang diterbitkan secara online, maka cara penulisan daftar pustakanya yaitu: nama penulis jurnal dibalik. Tahun penerbitan jurnal. Judul dicetak miring, (online), volume jurnal, (alamat URL pada saat mengakses, tanggal akses). Jika jurnal dan artikel yang diterbitkan online ini tidak mempunyai volume, maka tidak perlu menambahkan volume pada penulisan daftar pustakanya. Namun sangat disarankan untuk memilih jurnal online yang mempunyai volume agar lebih kuat dalam mendukung tulisan yang dibuat.

3. Daftar pustaka dari Wikipedia dan sumber resmi lainnya
Cara menulis daftar pustaka website resmi seperti Wikipedia sangat mudah dan simpel. Masih sama dengan yang lain dalam penulisan daftar pustaka dari Wikipedia ini juga harus dilengkapi dengan tanggal akses. Adapun urutan penulisan daftar pustaka yang bersumber dari Wikipedia atau website resmi lainnya yaitu: Wikipedi/website resmi lainnya. Judul dicetak miring, (online), (alamat URL, waktu akses).

Cara menulis daftar pustaka dari Wikipedia ataupun sumber internet lainnya harus benar. Selain itu, untuk sumber penulisan artikel ilmiah ataupun skripsi sangat disarankan untuk menggunakan sumber internet yang dapat dipercaya. Hindari menggunakan sumber internet yang tidak jelas siapa penulisnya dan latar belakang penulis tersebut. Oleh karena itu, dalam mengambil sumber dari internet untuk skripsi ataupun artikel ilmiah harus diseleksi terlebih dahulu.