Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Daftar Buku Pelaut Online Untuk Buku Baru dan Penggantian

Cara daftar Buku Pelaut online bisa dilakukan dengan akses ke www.pelaut.dephub.go.id kemudian buat akun pada laman tersebut. Setelah membuat akun, kemudian kita bisa melakukan permohonan membuat buku pelaut dengan melengkapi daftar isian yang ada secara online. Kita dapat memilih sendiri syahbandar terdekat dengan posisi kita untuk melakukan pencetakan buku pelaut yang kita ajukan dan isi secara online.

cara mengecek sertifikat pelaut secara online,biaya pembuatan buku pelaut,cek buku pelaut,perpanjangan buku pelaut,login buku pelaut online,biaya pembuatan buku pelaut,cek buku pelaut asli,
Cara Daftar Bela Negara Secara Online
Secara umum, syarat daftar buku pelaut online bisa dikatakan sama, baik untuk buku baru maupun untuk penggantian buku pelaut. Sebelum melakukan pencetakan, alangkah lebih baik bila melengkapi persyaratan yang ada agar proses yang terjadi bisa lebih cepat dan efektif. Dengan persyaratan yang lengkap, maka proses verifikasi akan lebih cepat. Berikut ini syarat yang harus dilengkapi untuk mendapatkan buku pelaut secara online maupun offline.

  • 1. Surat pernyataan bahwa pemohon belum pernah memiliki “Buku Pelaut”.
  • 2. Fotocopy “sertifikat keterampilan pelaut” dan atau “sertifikat keahlian pelaut”.
  • 3. Surat keterangan “PRALA” untuk Taruna I yang melaksanakan “Praktek Kerja Laut”.
  • 4. Surat Keterangan masa berlayar untuk pelaut yang pernah berlayar dari KBRI atau syahbandar setempat.
  • 5. Surat Kesehatan dari dokter yang dirujuk “Medical Certificate”.
  • 6. “Fotocopy Akta Kelahiran” atau “Fotocopy Surat Kenal Lahir”.
  • 7. Kartu Tanda Penduduk.
  • 8. Surat Kelakuan Baik atau SKCK.
  • 9. PAS Foto menggunakan hem lengan panjang, berdasi hitam sebanyak masing-masing 3 lembar untuk ukuran 5x5 dan 3x4. Background biru untuk dek (Nautika) dan background merah untuk mesin (Teknika).

Cara daftar buku pelaut online adalah dengan akses ke www.pelaut.dephub.go.id kemudian masuk ke menu Aplikasi Buku Pelaut dan pilih di bagian Pelaut. Untuk keterangan lebih detail dan jelas kita bisa “download User Manual” yang tersedia. Setelah semua isian telah diisi dengan lengkap, maka Anda akan print permohonan yang berisi berbagai informasi yang telah kita masukan. Dalam form yang kita print akan tercantum persyaratan lengkap yang harus kita bawa dan serahkan kemudian. 

Proses permohonan buku pelaut online dapat dilakukan dengan cepat apabila syarat yang kita miliki telah lengkap. Namun demikian, bila terjadi banyak antrian, maka bisa memakan waktu yang lebih lama, sesuai dengan banyaknya pemohon yang mengajukan. Selain itu, verifikasi data juga akan memakan waktu bila data yang tercantum berbada dengan kenyataan yang ada. Karena itu, pastikan Anda mengisi data dengan tepat sesuai dengan kondisi terkini.

Cara daftar buku pelaut online mewajibkan pelaut untuk memiliki kemampuan dasar menggunakan teknologi, khususnya email. Pastikan email Anda aktif dan bisa digunakan saat sedang mengajukan permohonan dan setelah Anda mendapatkan buku pelaut. Sehingga apabila nanti Anda akan melakukan pergantian buku maka proses akan lebih cepat karena beberapa komponen persyaratan telah Anda penuhi dan tentunya akan memudahkan pelayanan.