Sabtu, 01 Januari 2022

Tips Jitu Cara Menangkap Siaran TV Digital Tanpa Parabola

Cara menangkap siaran TV digital tanpa parabola nampaknya penting mengingat kita masih menikmati siaran TV. Meskipun akhir-akhir ini banyak yang tidak bermutu, masyarakat masih menjadikan TV sebagai salah satu sumber informasi yang enak dinikmati. Tidak terkecuali menonton tayangan yang mendidik ala TV kabel semacam natgeo, bbc, discovery, dan sebagainya. Tayangan tersebut dirasa lebih berbobot dalam bidang keilmuan dan mutu sehingga lebih mendidik. Untuk menikmati tayangan tersebut ada dua cara, yaitu berlangganan TV kabel, atau parabola digital.

cara menangkap siaran tv luar negeri,mendapatkan siaran tv digital gratis,kabel dengan antena biasa,siaran tv kabel dewasa,kabel gratis,cara membuat antena,antena satelit,luar negeri tanpa parabola,
Cara Membuat ATM BRI Untuk Pelajar
Hal yang Harus Dipertimbangkan Jika Anda Ingin Mendapatkan Siaran TV Digital Tanpa Parabola

Jika Anda merasa keberatan dengan membayar biaya berlangganan TV kabel, Anda bisa membeli perangkat antena dan tunner DVB-T2. Jika Anda memilikinya, Anda bisa menonton siaran luar negeri tanpa perlu membayar. Cara mendapatkan siaran TV digital gratis adalah sebagai berikut:

1. Antena dan TV
Cara menangkap siaran TV digital tanpa parabola, pertama Anda harus memastikan TV digital Anda mampu menangkap sinyal DVB-T2. Untuk bisa menerima sinyal ini, TV Anda harus memiliki tunner DVB-T2. Banyak TV di pasaran yang masih menggunakan tunner DVB-T generasi pertama dan bukan DVB-T2. Tunner DVB-T tidak bisa menangkap sinyal hanya dengan antena uhf/vhf, sedangkan DVB-T2 bisa. Oleh karena itu sebelum membeli, pastikan dulu sama penjualnya apakah benar TV nya sudah menggunakan tunner DVB-T2.

2. Set top box DVB-T2
Cara menangkap siaran TV digital tanpa parabola yang selanjutnya, Anda bisa menggunakan set top box DVB-T2. Alat ini adalah semacam tunner yang berfungsi menghubungkan dan membantu antena uhf/vhf mengkonversi sinyal TV digital agar bisa ditayangkan di TV biasa. Penggunaan set top box DVB-T2 bisa dipasangkan pada TV analog atau TV digital yang tidak memiliki tunner DVB-T2, alias masih DVB-T. Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki TV digital dengan tunner DVB-T2, Anda tinggal memerlukan antena sebagai penangkap sinyal saja.

3. Sinyal
Pada tahun 2007, cara menangkap siaran TV digital tanpa parabola masih bisa menggunakan tunner DVB-T. Hal ini karena standar penyiaran digital terrestrial masih menggunakan sinyal DVB-T. Namun pada tahun 2012 standar penyiaran digital berubah menjadi DVB-T2. Pada awalnya masih sulit menemukan tunner atau TV dengan tunner sinyal DVB-T2, karena tunner untuk sinyal DVB-T sudah terlanjur diproduksi masal dan standar penyiarannya juga masih menggunakan DVB-T. Namun sekarang, Anda sudah bisa banyak menemukan di pasaran TV dengan tunner DVB-T2.

Ya, itulah tadi cara menangkap siaran TV digital tanpa parabola. Bagi Anda yang sudah memiliki TV digital tanpa tunner DVB-T2, Anda tinggal membeli tunnernya saja. Mayoritas orang sudah menggunakan antena uhf/vhf. Dengan tunner DVB-T2 yang Anda pakai, hal tersebut merupakan cara menangkap siaran TV kabel gratis. Cukup mudah bukan?